Star Wars The Clone Wars-Republic Heroes

  Kesuksesan trilogi Star Wars membuat George Lukas membuat lagi trilogi kedua yang merupakan prekuel dari yang pertama. Setiap film Star Wars punya ciri khas di mana ada selisih waktu yang cukup jauh antara episode satu dengan berikutnya. Episode 2: Attack of the Clones merupakan awal terjadinya Clone Wars, sedangkan episode 3: Revenge of the Sith merupakan akhir dari Clone Wars. Cerita dalam Clone Wars justru difilmkan dalam film seri animasi 3D di bioskop dan di kanal Cartoon Network. Republic Heroes (RH) merupakan versi game dari serial tersebut.



  Di awal permainan, kamu akan berperan sebagai Anakin Skywalker. Baru kemudian berganti-ganti dengan karakter lain. Game ini didesain untuk co-op multiplayer, sehingga kamu bisa memainkannya bersama teman. Jika kamu bermain sendiri, Al komputer akan mengontrol rekanmu.

  Melihat game ini pertama kali, kamu bisa langsung menilai bahwa kualitas gambar game ini tidak pas untuk ukuran konsol next-gen atau hi-def. Kualitasnya seperti ketinggalan jaman, di PS3, Xbox 360, dan PC, gambarnya seperti game PS2. Di PS2, gambarnya mundur lagi sekelas game PS1. Di PSP dan DS gambarnya tidak terlalu terlihat jelek, karena efek layar yang kecil.

  Permainan dalam game ini memanfaatkan platforming, namun sayangnya elemen platforming justru terhalang oleh kontrol yang tidak responsif dan seringkali bikin frustasi. Jika kamu tidak mendarat di tempat yang tepat dan akurat, kamu bisa stres karena bakal sering mati. Jika hal ini terjadi, guru Yoda akan muncul dan memberitahukan hal-hal dan bergaya seperti semacam pemandu tutorial. Masalahnya, dia terus menerus muncul di sepanjang permaianan. Jika kamu sedang bingung, hal ini tentu membantu. Namun hal ini terus menerus terjadi dan Yoda seringkali menginterupsi permainan yang sedang asyik kamu lakukan, sehingga fitur Guide ini lebih terasa sebagai beban daripada bantuan.

  Masalah kontrol lain terjadi ketika kamu bermain sebagai Rex, pemimpin pasukan Clone. Tembakan dalam RH menggunakan sistem bidik otomatis, dan sistem ini juga bermasalah, karena tembakanmu bisa saja tiba-tiba berbelok 90 derajat ke kiri atau ke kanan, padalah kamu hendak menembak musuh di depan. Sistem yang cacat ini juga seringkali mengunci target yang tidak kamu inginkan, sehingga tembakanmu seperti seorang prajurit yang sedang mengamuk membabi-buta.

  Musuh dalam game ini repetitif, pertarungannya juga sederhana. Game ini memang ditujukan untuk gamer anak-anak namun jika melakukan sesuatu secara berulang-ulang, tentunya gamer akan cepat bosan atau frustasi. Taktik yang sama juga harus dilakukan berkali-kali, seperti misalnya melompati Droid atau mengontrol mereka selama beberapa saat, atau menjatuhkan bom di tempat tertentu.

  Republic Heroes memang ditujukan untuk audiens alias gamer yang lebih muda dibanding fans Star Wars pada umumnya. Namun sayangnya, game ini jauh dari kata sempurna, padahal sudah membawa nama besar Star Wars.

Platform PC
Developer Krome Studios
Publisher Lucas Arts
Genre Platformer, Action
ESRB T

MINIMUM SYSTEM REQUIREMENTS
Intel Pentium 4 3.0 GHz/ AMD Athlon XP 3000
Nvidia GeForce 7600 GT 256MB/ ATI Radeon X800 Pro
RAM 2 GB
DirectX 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar