Jailbreak Tembus Pertahanan PS3


  Istilah jailbreak sendiri tenar ketika banyak hacker yang berhasil membongkar iPhone, sehingga bisa menggunakan provider apappun. Tidak lagi provider ekslusif yang sudah melakukan kerjasama dengan Apple. Intinya istilah jailbreak bisa diartikan, kemampuan seseorang melakukan pembongkaran sebuah produk, dari batasan-batasan yang tertentu. Seolah seperti seorang narapidana yang berhasil kabur dari penjara yang membatasi ruang geraknya (jailbreak).

  Salah atau benar melakukan ini, pembahasannya bisa panjang. Seperti ngebahas lebih dulu mana ayam atau telur. Dilihat dari sisi hukum tentu salah. Karena kita melakukan modifikasi nggak resmi dari PS3 milik kita. Tetapi dibilang melakukan pembajakan rada aneh juga. Karena kita tidak melakukan penggandaan terhadap Blu-ray game PS3. Yang pasti dengan jailbreak, dimungkinkan memainkan game PS3 melalui HDD. Contoh gampangnya, kamu nggak punya game FFXII, tetapi teman kamu punya. Dengan jailbreak kamu nggak perlu repot-repot beli gamenya. Cukup pinjam kemudian kopi ke HDD (internal atau eksternal), dan kamu sudah bisa memainkan game tersebut. Keuntungannya optik kamu jadi lebih awet. Malah mungkin kamu bisa patungan dengan beberapa kawan untuk patungan membeli gamenya, dan disimpan di HDD masing-masing.

  Untuk dapat menggunakan jailbreak, firmware sistem PS3 harus di-upgrade menjadi 3.41. Sekedar informasi, sistem firmware PS3 slim yang ada sekarang adalah 3.30. Setelah di-upgrade akan menjadi 3.41.

  Langkah kedua berikutnya menginstal Back-up Manager di Icon game, program Back-up Manager ini gunanya untuk membaca game-game Blu-ray PS3 yang telah diinstal full ke dalam hardisk internal PS3 atau hardisk eksternal.

  Selain itu program Back-up Manager ini juga akan membaca Blu-ray pancingan (berupa game PS3 orisinal) sebagai game yang telah kamu instal ke hardisk. Jadi misalnya kamu telah menginstal game FIFA 2010 ke dalam hardisk internal PS3 dan saat kamu ingin memainkan game FIFA 2010 kamu tidak perlu memerlukan lagi Blu-ray Disk FIFA 2010, tapi kamu bisa menggunakan Blu-ray Disk game lain misalnya King of Fighter atau yang lainnya sebagai Disk pancingan. Program Back-up Manager inilah yang akan membaca CD King of Fighter sebagai game FIFA 2010.

  Sebelum membeli PS3, umumnya kamu akan ditawarkan PS3 yang sudah bisa menggunakan Jailbreak di toko tersebut. Dengan demikian harganya sudah satu paket dan akan jadi lebih murah ketimbang kamu membeli dan memasang secara terpisah. Kalau beli yang paket Jailbreak, biasanya toko game tersebut sudah meng-upgrade sistem firmware Ps3 menjadi 3.41 dan sekaligus menginstal Back-up Manager.

  Kalau kamu sudah punya PS3, baik yan orisinal maupun yang slim, kamu bisa membawa Ps3 itu untuk di-upgrade sistemnya menjadi 3.41 dan diinstal Back-up Manager. Lalu Copy game ke HDD dan mainlah dengan menggunakan Jailbreak.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Jailbreak:

1. Mesin Ps3 harus dalam keadaan mati saat USB Jailbreak dimasukkan ke dalam slot mesin PS3.
2. Kemudian tekan tombol Power dan langsung tekan tombol Eject (jangan ditahan) jadi langsung dilepas maka akan terdengar bunyi "tit" 2x
3. Kalau lampu USB Jailbreak berubah warna dari merah menjadi hijau maka proses tersebut berhasil, jika tidak berubah warnanya maka ulangi dari awal dengan mematikan PS3 (kalau perlu cabut Power-nya). Lalu lakukan lagi proses dari awal sampai berhasil (lampu di USB Jailbreak menyala warna hijau)
4. Lalu lanjutkan dengan memilih icon Back-up Manager di bawah icon game di menu PS3, kemudian masukkan Blu-ray Disk PS3 yang mau diinstal ke hardisk, lalu tekan tombol bulat pada stick PS3. Setelah itu akan keluar tulisan Back-up to internal HD? pilih "Yes".
5. Tunggu sampai proses pengkopian game selesai.
6. Setelah proses instal Blu-ray game Ps3 ke hardisk selesai, masukkan game Blu-ray dengan sembarang judul lalu masuk ke Back-up Manager, di sini kamu bisa memilih judul game yang sudah kamu instal.
7. Dimenu PS3 akan terdapat icon game PS3 yang telah kamu instal dan langsung saja mainkan gamenya.
8. Untuk mematikan mesin PS3 prosesnya seperti biasa dan sebaiknya USB Jailbreak tidak usah dicabut dari mesin PS3.

NOTE: saat ini beberapa toko game di Jakarta menjual hardisk eksternal 500 GB yang berisi sekitar 50 game PS3.

  Tak ada gading yang tak retak. Pepatah itu pas untuk Jailbreak. Ada beberapa hal yang penting yang harus kamu perhatikan saat menggunakan perangkat ini:
1. Dengan menggunakan Jailbreak maka PS3 kamu tidak akan bisa memainkan game online karena untuk memainkan game online. Kamu memerlukan sistem firmware 3.50. Jika sudah di-upgrade menjadi 3.50 maka PS3 kamu tidak bisa di-downgrade lagi menjadi 3.41.
2. Saat ini SONY sudah mengantisipasi hal ini dengan menaikkan sistem firmware  di atas 3.41 untuk mesin-mesin yang diproduksinya.
3. Untuk memainkan game-game PS3 baru ada kemungkinan secara otomatis game tersebut memiliki sistem di atas 3.41 yang secara otomatis meng-upgrade sistem firmware dari mesin PS3 sehingga penggunaan Jailbreak menjadi tidak berfungsi di mesin PS3 milikmu.

  Sekarang pilihan tetap ada padamu. Mau pilih paket hemat ini atau jalur resmi alias tetap memainkan game orisinal?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar