TSUKUMONOGATARI

  Kejahatan mningkat seiring kemajuan zaman. Kalimat itu sering kita dengar, begitu pula dalam dunia Tsukumonogatari. Tapi, di sini, itu bukanlah sekedar gejolak sosial biasa. Ada kekuatan lain yang terlibat di dalamnya, kekuatan dari alam gaib yang disebut juga you-kai (bukan you-kai yang berarti siluman).

  Kisah dalam game ini diawali dengan suatu insiden yang menyebabkan tokoh utama kita, Ishigami Yuuto terjatuh dari lantai 3 sekolahnya. Secara ajaib, Yuuto tidak terluka parah. Tapi semenjak hari itu dia bisa melihat ayakashi atau makhluk jejadian. Kemampuan itu tercium oleh Abe Ayaka, wali kelas Yuuto. Ternyata selama ini Ayaka sensei mengepalai sebuah ekskul tidak resmi, yang melawan para ayakashi dengan bantuan semacam 'dewa' yang berdiam dalam sebuah benda. Tanpa bisa menolak, Yuuto pun memperoleh 'partner' seorang Tsukumo-gami bernama Kutabe.



  Player selaku Yuuto harus menjalani kehidupan siang yang biasa-biasa saja, tapi senantiasa buka mata dan telinga, lalu melawan dan menghalau ayakashi di malam hari. Di sinilah Kutabe dan anggota ekskul lainnya berperan.

  Seperti adventure game pada umumnya, komunikasi adalah faktor terpenting. Kita diharapkan mengumpulkan informasi dan kasus melalui interaksi dengan karakter-karakter lain. Dan itu tidak selamanya Ayaka-sensei. Bisa juga teman sekelas kita, bisa juga anggota ekskul yang lain. Dan jangan lupakan Kutabe. Ingat, 'dewa' mungil ini ada untuk membantumu. Karena dia cerewet, pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk ngobrol, dan darinya, bisa dapat informasi seputar ayakashi.

  Melawan ayakashi akan dapat porsi sendiri di sini. Tapi, sekalipun sudah tahu sosok dan posisinya, kamu tidak boleh langsung melawannya cuma dengan Kutabe. Sangat disarankan player mengumpulkan tenaga bantuan berupa Tsukumo-gami lain. Untuk memanggil mereka, membutuhkan foto benda yang menyimpan Tsukumo-gami, serta kotodama atau kata yang menjadi petunjuk sosok asli mereka. Setelah keduanya terkumpul, barulah kamu bisa menantang ayakashi yang ada.

Platform PSP
Developer FURYU
Publisher FURYU
Genre Adventure RPG
Release 27 Januari 2011
ESRB T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar