Hal Wajib Untuk Game Horror

  Apa yang menjadikan game horor menarik? Karakter, cerita atau gameplay? Walaupun tahu bakalan sering dikejutkan, tetap saja kita penasaran. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk resep game horor yang oke. Mau tahu?



Gelap
  Mana seru memainkan game horor kalau semuanya berada dalam suasana terang-benderang. Lebih nggak seru lagi kalau saat kamu berjalan, matahari bersinar cerah dan tiap tempat yang kamu kunjungi selalu memiliki penerangan yang mantap. Mana seramnya? Dalam memainkan game horor, suasana gelap adalah suatu keharusan. Dengan demikian, kesan "seram" akan lebih terasa.

Blood and Corpses
  Kalau hanya menjelajah area bersih, rasanya kurang seraam. Untuk menambah ketegangan, cipratkan darah disana-sini. Lebih komplit kalau kamu tambahkan mayat dengan posisi yang menandakan kematian yang brutal. Antara hanya sebagian tubuh atau potongan tubuh bekas dicabik-cabik. Lebih seru lagi kalau mendadak saat karakter berjalan menjauh, mayat tersebut bergerak sesaat atau bahkan memanggil-manggil minta tolong. Bagi yang punya jantung lemah, dijamin karakternya bakal ambil jurus langkah seribu.

Lampu Senter
  Untuk menambah ketegangan, sebaiknya jangan berikan gamer kemudahan untuk menyalakan lampu. Buatlah generator atau listrik rusak sehingga mereka harus menemukan senter atau obor untuk menerangi jalan mereka. Dengan senter atau obor, maka jarak pandang mereka juga terbatas sehingga dijamin bakalan kaget kalau ada sesuatu yang muncul. Mau lebih seru lagi? Batasi jumlah baterai senter. Dijamin lebih seru!

Element of Surprise
  Tidak ada yang menambah ketegangan daripada kejutan-kejutan yang bisa membuat jantungmu berhenti. Saat membuka pintu atau menuruni tangga, tiba-tiba ada sesuatu yang jatuh atau muncul. Atau saat menelusuri lorong yang tenang, tiba-tiba ada sesuatu yang melintas di depanmu. Tentu saja kejutan-kejutan kecil ini jangan terlalu keseringan, kebal nanti jadinya.

Stalker
  Kalau hanya menjelajahi tempat sepi sendirian, rasanya nggak seru. Mau tambah seru? Lemparkan karakter yang kerjanya menguntit si tokoh utama. Jangan bikin stalker yang ganteng, buatlah karakter yang mengerikan dengan membawa senjata yang bisa bikin bulu kuduk merinding. Mau tambah lebih seru lagi? Buatlah si karakter tertawa ala maniak dan memanggil nama si karakter utama berkali-kali seperti kaset rekaman yang rusak.

Minimum Equipment
  Untuk meminimalkan kemungkinan si karakter utama bertahan hidup, lebih baik berikan dia peralatan seminimal mungkin. Bahkan kalau mau, kamu bisa membuat si karakter harus berlari atau bersembunyi terus menerus tanpa ada kesempatan membalas serangan paara musuh. Buatlah si karakter utama menghadapi musuh dengan memanfaatkan apa yang bisa dia pungut.

Lokasi
  Pilih lokasi yang terpencil. Jangan letakkan lokasi horor di tengah kota yang ramai. Kalaupun mau di situ, buatlah di bawah tanah sehingga si karakter tidak bisa melarikan diri dengan mudah. Paling bagus adalah kastil atau rumah tua yang benar-benar terletak jauh dari jangkauan. Putuskan segala macam bentuk komunikasi dan hancurkan semua transportasi yang menyebabkan karaktermu terjebak di tempat tersebut.

Kesunyian Yang Mencekam
  Untuk menambah kesan menyeramkan, minimalkan background music atau hilangkan musik sama sekali. Kalau bertualang di suasana Jepang, suara lonceng samar-samar ditambah dengan seseorang yang mengucapkan mantra akan menambah ketegangan. Tapi kalau suasana ala Eropa, lebih baik tidak ada musik dan hanya musik menegangkan sekali-kali. Jangan sekali-kali memasang lagu Elmo's Song di game horor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar